Kurma Sebagai Solusi Masalah Pangan

Kurma Sebagai Solusi Masalah Pangan

Saat ini dunia sedang berhadapan dengan sebuah masalah yang berhubungan dengan kebutuhan premier. Pakan, energi dan air, ketiga hal tersebut dapat memancing terjadi sebuah pertikaian bila di atas bumi ini 3 hal tersebut semakin berkurang.

Kenyataan yang dapat kita lihat saat ini ialah masalah pangan yang terjadi di afrika. Namun setiap daerah konflik sebenarnya membutuhkan 3 hal tersebut.

Bagaimana solusi yang tepat agar menjaga keamanan dunia, dan seluruh penduduknya sejahtera.  Saat ini terdapat sebanyak 7.405.107.650 jiwa (menurut CIA World Factbook untuk Tahun 2017). Untuk Indonesia saat ini memiliki jumlah penduduk 260.580.739 jiwa, atau sama dengan 3,5% jumlah penduduk di dunia.

Masalah pangan ialah menjadi salah satu hal yang sangat diperhatikan. Apa lagi negara tercinta ini dikenal sebagai negara agraris dimana banyak penduduk yang bekerja dibidang pertania. Luas indonesia yang dibagi dengan banyak pulau dengan iklim yang baik untuk ditanami segala macam tanaman menjadi alasan mengapa banyak yang bercocok tanam, atau bekrja sebagai petani.

Dari beberapa penelitian khususnya dibidang pertanian bahwa kurma ialah hasil pertanian yang sangan efisien unutk ditanam dan dikelolah, dapat dilihat dari data

 

data ini dikumpulkan oleh peneliti kurma Agus S Djamil. Dari data tersebut dapat disimpulkan ialah bahwa kurma sangan efisien dan dapat mendatangkan laba yang besar meski hanya untuk satu kali panen saja.

Namun bila ditelaah lagi makanan utama kita saat ini ialah beras, dimana perlu banyak pengolahan untuk menhadi beras menjadi nasi. Kita harus mengunakan energi bumi yaitu gas, sehingga sampai-sampai pemerintah memberi subsidi unutk hasil bumi ini.

Dari segi pengolahan saja sudah dapt terlihat. Bagaimana jika kita mengkonsumsi kurma?. Buah satu ini memiliki banyak gizi dan dapat dimanfaatkan sebagai makanan utama karena Sumber pangan pokok, karbohidrat & kalori sebagaimana dikonsumsi saat ini ataupun sebagai buah meja. Sebagai Gula dari buah masak dengan randemen dan brix index yang lebih tinggi dari tebu. Sebagai minuman jus yang menyegarkan. Sebagai minyak yang diperas dari biji kurma. Sebagai obat yang diperoleh dari akarnya, buahnya maupun dari bunganya.

Bayangkan dalam satu pohon tidak hanya untuk pangan namun dapat digunakan banyak hal unutk kesejahteraan dibidang pangan, ekonomi hingga kesehatan. Maka timbullah sebuah pertanyaan apakah anda  sudah makan kurma hari ini?

Mengkonsumsi kurma selain baik untuk kesehatan, sebenarnya kita juga meminimalisir pengeluaran untuk kebutuhan pangan.