Manfaat Kurma Untuk Sehari – hari

Manfaat Kurma Untuk Sehari – hari

Kurma ialah buah yang tak asing lagi didengar apa lagi pada saat bulan ramadhan. Sebenarnya buah ini bagus juga dikonsumsi sehari – hari. Buah kecil ini memiliki banyak kandungan vitamin, gizi dan lain lain  yang baik untuk kamu konsumsi setiap harinya.

Mari kita bahas manfaat kurma jika konsumsi sehari-hari sebagai santapan utama. Memilih buah mungil ini sebagai santapan utama sangat tepat tapi kalian harus tau dulu jenis-jenis kurma. Yang sudah kami bahas sebelumnya di artikel “Jenis-Jenis Kurma”.

Namun disini akan dijelaskan secara singkat tentang jenis-jenis kurma. Kurma sebenarnya terdapat 3 jenis yaitu

  1. Kurma basah yang memiliki jumlah kadar gula yang rendah
  2. Kurma agak kering yang memiliki jumlah kadar gula sedikit tinggi
  3. Kurma kering ini memiliki jumlah kadar gula cukup tinggi

Sudah tahu ya jenis-jenis kurma secara singkat. Jangan beranjak dulu, sekarang mari kita bahas lebih mendalam tentang kandungan yang terdapat didalam kurma dan manfaatnya untuk tubuh.

Pada dasarnya makan yang dikonsumsi manusia itu memili 6 unsur zat yaitu karbohidrat, lemak, protein,  dan mineral. Bayangkan kebutuhan itu yang dibutuhkan agar kita dapat melakukan aktivitas.

 

Semua itu untuk memenuhi kebutuhan tubuh yang dimana tubuh kita itu memperlukan 225- 300 gram karbohidrat perhari. Untuk lemak tubuh itu membutuhkan 64 gram perharinya ini batasan maksimal. Sebanyak 0,8 -1 garam per kg berat tubuh kita perhari, jadi semisal tubuh kita 50kg maka maka jumlah protein yang dibutuhkan 50 gram perharinya.

 

Untuk mineral sendiri terbagi atas 300 mg magnesium per harinya, sebenarnya masih banyak kandungan mineral lainnya yang terdapat dalam tubuh namun kandungan tersebut. Magnesium kami pilih karena dia adalah zat yang dimana akan mengkonvrensikan karbohidrt dan lemak menjadi energi.

 

Sekarang mari kita lihat kandungan yang terdapat dalam buah kurma apakah dapat memenuuhi kebutuhan yang diperlukan oleh tubuh dalam 1 hari. Disini kita akan menggunakn 1cup kurma ( 150 gram).

 

Dalam 1 cup kurma itu terdiri dengan kandungan 110 gram karbohidrat sedangkan kamu membutuhkan 225 – 300 karbohidrat perhari tepatnya sudah dapat memenuhi kebutuhan tersebut 30% -nya. Sedangkan untuk lemak buah ini hanya memiliki 0,35 gram berarti kadar lemak sangat rendah dan baik untuk tubuh, apa lagi untuk kamu yang ingin program diet.

 

Sedangkan untuk protein dalam 1 cup kurma terkandung 2,81 gram dimana sudah memenuhi 5,61% asupan protein pada pagi hari (Jika berat badan anda 50kg). untuk kandungan mineral magnesium dalam 1 cup kurma terdapat 63 mg maka sudah memenuhi 21% kebutuhan magnesium dalam tubuh.

 

Jadi untuk kmu yang ingin sarapan dengan kurma dan makan malam dengan buah kurma juga sangat baik untuk tubuh karena sudah mencukupi kebutuhan asupan yang diperlukan untuk tubuh. Sedikit informasi dalam 100 gram kurma terdapat 17 butir kurma dari jenis kurma Multazam kurma naghal dari Uni Emirate Arab. Kurma ini dipilih karena termasuk dalam kurma kering dan mempunyai kadar gula yang sedikit, cocok untuk anda juga yang sedang tidak mengkonsumsi gula.